Author Archive

Memotret Human Interest

By |

Memotret Human Interest

Foto seorang nenek yang berjalan tertatih menawarkan kacang tanah jualannya di lampu merah jalan raya bisa sangat menyentuh perasaan bagi orang yang melihat foto itu. Lain foto si nenek lain foto anak-anak yang bermain air di sungai sambil memandikan kerbau piaraannya, orang akan ikut merasakan keceriaan anak tersebut walaupun hanya melihat fotonya. Itulah rasa yang…

Read more »

Kamera Yang Paling ‘Kamu Banget’

By |

Kamera Yang Paling ‘Kamu Banget’

Mengikuti perkembangan kamera memang tak ada habisnya, tiap saat terus bermunculan kamera-kamera baru yang menawarkan segudang kelebihan. Lalu, kamera apa sih yang sebenarnya kita butuhkan? Jangan sampai hanya kita salah pilih ya Sobat. Berikut beberapa jenis kamera yang bisa kamu simak, mana yang paling kamu butuhkan saat ini. Pocket Sesuai namanya, kamera saku identik dengan…

Read more »

Pemburu Matahari

By |

Pemburu Matahari

Suatu ketika kita melihat matahari tampak bulat besar sesaat sebelum dia tenggelam di ufuk barat, sangat indah. Namun, di waktu yang lain kita tidak melihatnya, hanya langit yang berangsur gelap ketika menjelang petang. Hal yang sama di waktu pagi, kadang kita melihat matahari beranjak naik di ufuk timur dengan cantiknya namun di waktu yang lain…

Read more »

Long Exposure Photography

By |

Long Exposure Photography

Hai Sobat Smarteen, sudah eksplore teknik yang kita bahas di Fotogen-x edisi lalu? Kali ini kita masih membahas tema yang tidak jauh dari segitiga emas fotografi juga. Nanti mau kita bahas bagaimana mengoptimalkan shutter speed untuk menghasilkan foto yang amazing. Kalian pernah melihat foto air terjun yang seolah menjadi benang halus? atau foto malam hari…

Read more »

Segitiga Emas Fotografi (Bag. 2)

By |

Segitiga Emas Fotografi (Bag. 2)

Hai Sobat, sudah diotak-atik pengaturan kameranya? Sudah paham dong dengan konsep Segitiga Emas Fotografi yang kita obrolin di Fotogen-x yang lalu. Dari ketiga hal itu bisa bikin foto yang keren loh, salah satunya kita bisa bikin foto bokeh (belakang objek jadi blur). Foto yang objek utamanya tajam dan di bagian belakang jadi blur memang tampak…

Read more »

Segitiga Emas Fotografi (Bag. 1)

By |

Segitiga Emas Fotografi (Bag. 1)

Sobat, gimana sih biar bisa menghasilkan karya foto yang bagus? Salah satu dasar yang harus kamu kuasai adalah Segitiga Emas Fotografi. Dari portal infotografi.com, disebutkan bahwa Segitiga Emas Fotografi adalah bukaan (aperture), kecepatan rana (shutter speed) dan ISO. Kombinasi dari ketiganya menentukan gelap terangnya sebuah foto. Buat kamu yang sering menggunakan kamera DSLR harusnya sudah…

Read more »

Memotretlah Saat Golden Hour

By |

Memotretlah Saat Golden Hour

Hai Sobat fotografer yang keren abiz, kali ini kita mau ngajak kenalan dengan Golden Hour. Buat kamu penggemar foto landscape atau pemandangan, pasti ingin mendapatkan foto yang keren bukan? Nah, salah satu yang harus diperhatikan adalah waktu memotret. Dalam fotografi ada istilah Golden Hour atau waktu terbaik dalam suatu hari untuk memotret pemandangan. Ada dua…

Read more »

Berkenalan dengan Angle #1

By |

Berkenalan dengan Angle #1

Obyek yang sama biasa, bisa tampak lebih menarik tergantung sudut pandang orang yang melihatnya. Sepakat dengan statement itu, Sobat? Dalam dunia fotografi, hal ini sering kita kenal dengan angle (sudut pengambilan foto). Ada 5 jenis angle yang sering digunakan dalam sebuah karya foto. *ilustrasi angle (fotokita.net) Kemampuan seorang fotografer dalam menggunakan angle yang tepat dalam…

Read more »

Jelajah Landasan Paralayang

By |

Jelajah Landasan Paralayang

Apa kabarmu  Sobat? Ngomongin tentang impian nih, kamu punya kebiasaan untuk merenung di akhir tahun untuk evaluasi dan merencanakan target-target selanjutnya nggak? Kalo iya, pas banget nih. Rekomendasi Jali-jali kali ini berkaitan dengan tempat nan eksotis namun nggak banyak dikunjungi wisatawan. Cocok banget nih buat merenungi nasib, eh, merenungkan kehidupan. Penasaran? Yuk berkemas lalu cuss…

Read more »

Tiga Keindahan Kedung Kayang

By |

Tiga Keindahan Kedung Kayang

Jalanan berkelok indah ditemani udara segar khas lereng pegunungan memanjakan siapa saja yang melewati jalur ini. Sekalipun matahari bersinar terik namun udara tetap dingin segar. Kali ini Smarteen mau ngajak jalan-jalan ke salah satu obyek wisata di daerah Magelang. Rute dari Solo menuju Magelang melewati Boyolali, Cepogo, Selo dan lurus saja menuju arah Ketep Pass….

Read more »