Indahnya Pantai Balekambang Malang, Pesona Tanah Lot di Pulau Jawa

Indahnya Pantai Balekambang Malang, Pesona Tanah Lot di Pulau Jawa

MajalahSmarteen.com — Bagi kalian penggemar wisata pantai, tentu tahu objek wisata Tanah Lot di Bali, kan? Hmmm, kalian tak perlu jauh-jauh ke Pulau Dewata untuk menikmati pesona alam kayak gitu. Sebab di Pulau Jawa ini pun ada tempat wisata serupa yang nggak kalah indah. Coba deh datang ke Pantai Balekambang Malang.

Kontur dan bentuk pantai serta kondisi alamnya mirip banget sama Tanah Lot Bali. Ada Pura Hindu-nya juga yang berdiri pada batu raksasa yang menghadap ke samudera luas.

Pantai Balekambang Malang tepatnya ada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur. Sekitar 70 km arah selatan Kota Malang, Jawa Timur. Pantai ini landai dan dipenuhi dengan karang laut yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 m ke arah laut.

Nah, asyiknya nih, pas air laut surut tampak ikan hias serta aneka ragam biota laut lainnya berkerumun di atas air. Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Jawa suasananya sangat asri, pantainya juga bersih dan terawat. Pasir putih sepanjang 2 km berpadu dengan ombak yang menggulung sungguh memanjakan mata pengunjung. Subhanallah.

Di lepas Pantai Balekambang Malang ini nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat. Pulau-pulau ini punya nama, dan unik banget, kayak nama tokoh-tokoh wayang. Ada Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni.

Ketiga pulau itu memang dinamai sesuai karakter dalam pewayangan. Pulau Wisanggeni terhubung langsung ke Pantai Balekambang Malang, sedangkan Pulau Ismoyo dihubungkan oleh jembatan beton sepanjang 100 m. Di Pulau Ismoyo inilah berdiri sebuah pura bernama Pura Amerta Jati atau juga dikenal sebagai Pura Ismoyo. Keindahan pulau-pulau ini akan semakin terlihat pas sunset, Sob.

Pantai Balekambang Malang

Keindahan Pantai Balekambang Malang. [Sumber gambar: ulinulin.com]

Eits, daya tarik Pantai Balekambang Malang bukan cuma pulau-pulaunya, ada juga gundukan pasir pantai yang akan muncul saat air laut surut. Saat itu, kalian juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang terjebak di cekungan-cekungan pasir yang tidak terbawa air laut yang surut. Banyak kok anak-anak yang suka bawa jaring buat menangkap ikan-ikan tersesat itu.

Namun, kalian harus memperhatikan aba-aba dari penjaga pantai kalau air sedang pasang. Karena Pantai Balekambang Malang masih termasuk dalam jajaran pantai selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan ombak kuatnya.

Pantai Balekambang Malang memang menakjubkan. Garis pantainya panjang. Pantainya landai. Pasirnya putih. Ada karang-karang di beberapa titik. Ombak bergelombang-gelombang datang dari kejauhan. Salah satu bukti nikmat Allah Swt yang kudu kita syukuri.

Walaupun letak pantai ini cukup terpencil, tetapi Pantai Balekambang Malang memiliki semua fasilitas yang diperlukan wisatawan, mulai dari warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, tempat parkir yang luas, camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana, musala dan pendopo, hingga penginapan. Bahkan kini ada wahana flying fox. Permainan ini dibuka sejak Agustus 2012. Namun flyingfox ini cuma buka setiap Sabtu dan Ahad. Selain itu, permainan untuk anak-anak juga menjadi daya tarik. Beragam mainan seperti ayunan dan patung hewan lengkap tersedia. Hmmm, seru banget deh pokoknya.

Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Pulau Jawa ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi melalui Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur, dilanjutkan ke Desa Srigoco. Perjalanan ini dapat pula dicapai melalui Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak belok ke kiri ke arah Kecamatan Bantur.

Pantai Balekambang Malang adalah salah satu lokasi terbaik untuk melihat matahari terbenam. Saat itu cahaya matahari dengan warna merah keemasan akan turun di hilang perlahan. Maka, nikmat Allah yang manakah yang kita dustakan? []

 

Sumber gambar feature: hargawisataterbaru.blogspot.com

*Pernah dimuat dalam Majalah Smarteen Edisi April 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *