Tips Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar

Tips Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar

MajalahSmarteen.com — Sob, dulu laptop masih dianggap barang mewah, karena memang pada masa itu laptop masih jarang dimiliki oleh seseorang. Laptop di Indonesia untuk masa sekarang ini memang sudah menjadi hal yang umum, karena laptop diperlukan dan bukan sekadar diinginkan. Tentu saja, kita ingin agar laptop kita awet. Nah, berikut ada tips cara merawat laptop dengan baik dan benar.

  1. Jangan memasukkan laptop yang habis digunakan langsung ke dalam tas laptop. Hal ini dikarenakan, laptop yang telah digunakan biasanya masih menyimpan panas berlebih. Saat langsung dimasukkan tas, panas ini tertahan cukup lama dan tidak akan mudah berkurang. Akibatnya akan berpengaruh kepada komponen elektronik seperti harddisk, RAM, dan motherboard yang ada di dalam laptop.
  2. Cara merawat laptop yang kedua, jangan mencharge laptop secara berlebihan, artinya cabutlah charge dari stop kontak listrik jika baterai laptop telah full, dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi.
  3. Jangan menggunakan laptop di dekat makanan maupun minuman karena dikhawatirkan makanan atau minuman kita tumpah dan mengenai laptop kita.
  4. Jangan menyentuh layar LCD dengan benda-benda keras seperti bo Hal ini sering terjadi saat kita secara tidak sengaja menunjukkan sesuatu yang ada di layar LCD saat belajar maupun presentasi.
  5. Cara merawat laptop selanjutnya adalah dengan mematikan webcam jika kita tidak menggunakannya.
  6. Jangan meninggalkan laptop kita di tempat umum, seperti meja kelas maupun di restoran hanya karena cuci tangan kecuali kita yakin laptop dalam keadaan aman karena kejahatan terjadi saat ada kesempatan.
  7. Jangan memasukkan laptop berjejal-jejal dengan benda lain dalam tas, misalnya buku, pakaian dan benda-benda lainnya.
  8. Jangan menaruh laptop di lantai, waspadalah saat ada orang lewat laptop bisa terinjak, terutama jika berdekatan dengan anak kecil yang suka bermain-main.

Demikian cara merawat laptop agar tetap awet ketika sering digunakan. Jika laptop dirawat dengan baik, tentu performanya pun akan senantiasa baik. Namun, jika laptop tak dirawat dengan baik, kemungkinan besar dalam waktu singkat performanya juga akan cepat menurun. []

 

Sumber gambar: itpro.co.uk

*Pernah dimuat dalam Majalah Smarteen Edisi April 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *