Sakit Flu Lama, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sakit Flu Lama, Bagaimana Cara Mengatasinya?

MajalahSmarteen.com — Dok, saya sudah sakit flu lama. Apakah ini bisa sembuh? Sudah saya obati dengan obat, tetapi kok nggak sembuh. Berbahaya tidak flu yang saya alami? (Sachiko, Sukoharjo)

————

Sobat Smarteen yang dirahmati Allah, Flu (common cold), adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa menyerang pada setiap orang, baik anak-anak maupun dewasa yang daya tahan tubuhnya menurun. Gejala flu antara lain hidung tersumbat, batuk, nyeri telan, demam, pusing, dan pegal-pegal.

Flu bisa sembuh tanpa pemberian obat, asalkan daya tahan tubuh membaik. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat cukup, dan bisa dibantu dengan minum vitamin.

Jika sakit flu lama dan tidak sembuh-sembuh seperti yang Sobat alami, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, sudah berapa hari flu diderita? Jika sudah lebih dari 3 hari, kemungkinan ada infeksi kuman lain yang menyertai, ditandai dengan lendir hidung yang menjadi kental, berbau, bahkan warna berubah menjadi kuning kehijauan.

Jika sudah terjadi gejala-gejala seperti di atas, harus diberikan obat antibiotik sesuai petunjuk dokter.

Kedua, obat apa yang sudah diminum? Pada prinsipnya, obat yang diberikan dokter adalah untuk mengurangi gejala dan keluhan serta vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketiga, adakah gejala penyerta lain yang Sobat keluhkan saat sakit flu lama? Jika ada gejala penyerta lain, kemungkinan yang diderita bukan flu biasa, tetapi lebih mengarah pada penyakit lain. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter agar dapat diberikan penanganan yang cepat dan tepat. Demikian jawaban dari saya. Semoga bermanfaat, dan sakit flu lama yang Sobat derita segera diberi kesembuhan. []

 

Oleh: dr. Siti Maysaroh

Sumber gambar: aarp.org/health/

*Pernah dimuat dalam Majalah Smarteen Edisi April 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *