Pentingnya Memunculkan Inner Beauty Bagi Remaja

Pentingnya Memunculkan Inner Beauty Bagi Remaja

MajalahSmarteen.com — Bagi semua orang, termasuk remaja, memunculkan inner beauty dalam diri sangat penting. Lantas, apa yang harus dilakukan remaja agar bisa memiliki inner beauty tersebut? Simak ulasan Smarteen saat berbincang dengan Anna Haryatiningsih, S.E., Trainer Kepribadian sekaligus Pramugari Garuda Indonesia.

 

Apa arti penting memunculkan inner beauty?

Memunculkan inner beauty itu sangat penting. Secantik apa pun seorang wanita kalau sikap, perilaku, tutur kata, cara berbicara, cara menyampaikannya tidak bagus, maka tidak akan muncul inner beautynya. Sebaliknya, bila kesemuanya itu bagus, maka aura positifnya terasa, yaitu inner beautynya muncul.

Orang lain akan melihat, Ooo…bahwa dia wanita yang baik dan cantik. Ada wanita yang dandanannya biasa, tidak pakai make up dan sebagainya, tapi dia bisa terlihat cantik, karena sikap dan tutur katanya yang baik pada semua orang.

Seberapa perlu inner beauty itu berperan dalam kehidupan sehari-hari seorang remaja?

Yang jelas inner beauty itu sangat diperlukan bagi remaja. Seorang remaja harus totally dan do the best. Semuanya adalah proses berusaha, yaitu berbuat baik sebagai kontrol. Terutama harus ada niat dan harus dilakukan.

Bila inner beauty sudah ada pada remaja, maka akan menjadi sebuah habit/kebiasaan. Saat itulah inner beauty terpancar dan orang-orang di sekitar kita akan merasa nyaman dengan kita. Bila orang di sekitar kita tidak nyaman dengan kita, sebaiknya ada proses koreksi diri, bisa jadi kita lemah dalam memunculkan inner beauty tersebut.

Menurut Ibu, mana yang lebih penting, inner beauty atau outer beauty?

Bagi saya, inner beauty jauh lebih penting. Hal tersebut dimulai dari masa kanak-kanak kita. Orang tua sangat berperan dalam hal ini, khususnya bagaimana cara orang tua mendidik dan mengasuh. Berawal dari peran orangtua itu, akhirnya menjadi  sifat dan sikap. Kemudian setelah itu, dipengaruhi oleh pergaulan remaja tersebut dengan orang-orang yang berinteraksi dengannya.

Kalau outer beauty biasanya ditunjang semakin kita dewasa. Outer beauty jauh lebih gampang daripada memunculkan inner beauty. Kita mengenal perawatan dari wajah, rambut, tubuh dan sebagainya. Kita mengenal fashion yang tepat namun masih syar’i. Kita mengenal berbagai aksesori dan sebagainya. Yang kesemuanya itu dapat menunjang outer beauty.

Pada prinsipnya, apa yang diberikan Allah Swt adalah yang terbaik untuk kita. Bagaimana pun fisik kita, itulah pemberian Allah Swt. Dia Maha Mengetahui mana yang terbaik untuk hambaNya. Kita ya harus merawat apa yang diberikan Allah Swt dengan baik dan tetap bersyukur.

Bagaimana cara memunculkan inner beauty dalam konteks interaksi dengan orang lain?

Ketulusan. Kita harus tulus dalam memunculkannya. Termasuk juga menghargai lawan bicara. Yang paling penting lagi adalah berpikir positif (positive thinking).

Dalam berinteraksi dengan orang lain, ada hal-hal yang harus kita perhatikan, yaitu merespons segala sesuatu yang bersifat positif dan diikuti dengan pilihan kata-kata yang baik. Selain itu smile, tersenyumlah dengan cara yang baik dan elegan. Eyes contacts atau kontak mata dalam berinteraksi. Tentunya kontak mata yang proporsional.

Jika ada keunggulan atau kehebatan dari orang lain, jangan segan memujinya dengan tulus dan ikhlas. Jika orang lain mendapatkan keberhasilan, hilangkan rasa iri hati. Namun, jadikan keberhasilan orang lain itu sebagai pemicu kita untuk jadi lebih baik. Jika orang lain bisa, mengapa kita tidak bisa.

Tips apa agar kita sebagai remaja bisa memunculkan inner beauty sehingga menjadi cantik di luar dan di dalam?

Berangkat dari bagaimana orangtua mendidik, seorang wanita salihah bisa dibentuk. Tentunya, tidak ada orangtua yang mendidik anaknya menjadi jelek dalam akhlak. Maka, di antara tips yang bisa dilakukan adalah belajar dari lingkungan, pintar dalam memilih teman bergaul, iqro’ (membaca) kehidupan, rasa syukur, selalu berusaha memberikan yang terbaik. Tidak kalah penting adalah milikilah sikap, tutur kata, dan perilaku yang menyenangkan orang lain.

 

Sumber foto: modernwaywitch.com

*Pernah dimuat dalam Majalah Smarteen Edisi April 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *