Warung Kopi Kekinian

Warung Kopi Kekinian

Sobat, pernah mengamati lingkungan di sekitar kampus di sekitarmu? Beberapa tahun yang lalu di sekitar kampus itu terkenal banget. Terkenal karena banyak tempat warung makan dengan menu bervariasi tetapi harganya murah. Terkenal dengan tempat fotocopy yang pelayanannya cepat dengan tarif yang enggak bikin kantong bolong. Terkenal juga kalau mau cari baju, sepatu, jaket, tas, maupun kebutuhan yang lain dengan harga yang oke. Pokoknya yang serba bersahabat dengan kantong pelajar deh.

Beberapa tahun terakhir ada yang enggak kalah menarik, Sob. Tahu apa yang Smarteen maksud? Tempat itu adalah kafe ala pelajar / mahasiswa. Kenapa ada label “ala pelajar / mahasiswa”?

Tempat yang Recommended

Gini, Sobat. Biasanya, kafe itu identik dengan tempat minum kopi dimana pengunjungnya dihibur dengan alunan musik dan fasilitas lain  yang memanjakan mereka untuk betah duduk berlama-lama. Harga menu yang ditawarkan biasanya jauh lebih mahal dari warung biasa. Namun, untuk kafe ala pelajar /  mahasiswa beda lagi. Kafe dengan segmen pelajar ini biasanya mematok harga menu yang tidak terlalu tinggi. Fasilitas yang paling pokok ada di tempat ini adalah tempat yang nyaman, hotspot area, dan stop kontak listrik. Jika suatu tempat sudah memiliki 3 hal tersebut biasanya jadi favorit untuk nongkrong ngobrolin tugas kelompok, bikin usaha bareng, dan sejenisnya. Coba kamu tengok di sekitar kampus di lingkunganmu, ada banyak tempat yang seperti itu?

Plus Minus

Hal yang baru sudah barang tentu ada positif dan negatifnya. Yuk kita cari tahu, apa aja sih plus dan minus-nya? Pertama, dari segi positifnya banyak mahasiswa yang diuntungkan dengan ada kafe seperti ini. Mereka bisa lebih mudah mencari tempat yang nyaman untuk berkumpul membahas tugas. Ini menjadi semacam aleternatif tempat karena tidak selalu tempat-tempat di kampus atau sekolah nyaman digunakan untuk berkegiatan hingga malam hari. Dengan memesan segelas minuman dan satu macam camilan sudah “sah” untuk beralama-lama mengerjakan tugas di tempat itu. Kedua, kafe seperti itu biasanya karyawannya juga anak muda, bisa jadi pelajar atau mahasiswa seperti kamu semua. Lumayan kan kalau kamu bisa bekerja part time di situ. Ketiga, dari situ kamu bisa belajar loh. Dengan pengelolaan yang tidak terlalu rumit, kafe seperti ini sudah jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bagi kamu yang punya insting bisnis yang kuat pasti tidak susah untuk bikin usaha sejenis ini. Ke depan, tempat seperti ini makin banyak dibutuhkan, Sob. Gimana, tertarik untuk bikin yang seperti itu?

Minusnya? Kalau terlalu sering ya bikin kantong cepet ‘bolong’ tuh. Apalagi kalau kamu yang hanya mengandalkan uang saku dari orangtua, sayang kalau uangnya terlalu sering dipakai jajan seperti itu. Sesekali tetep perlu, tetapi jangan hanya konsumtif, cari ide dari situ untuk kemudian bikin bisnis yang lebih keren dan menghasilkan.

Jika kamu seorang siswi, pastikan kamu tahu batasan-batasannya ya. Jangan sampai nongkrong bareng temen-temen sampai malam masih di situ, apalagi dengan teman-teman cowok jadi satu. Tetap jaga pergaulan ya Sobat solih dan solihah. Tetep keren, tetep gaul, namun tetep tau batasan-batasan syar’i. Yuuuk mari ngopi. [Taufik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *