Periksa Kameramu

Periksa Kameramu

Di sebuah acara, mendadak kamu ditugaskan jadi bagian dokumentasi dan harus memotret dengan kamera DSLR panitia, apa yang kemudian akan kamu lakukan? Langsung ambil lalu jepret-jepret? Eits, jangan buru-buru, Sobat. Daripada kamu menyesal, ada baiknya luangkan waktu sejenak untuk memeriksa beberapa pengaturan kamera berikut ini.

Periksa Mode Kamera

Periksa apakah berada pada mode Manual, Aperture Priority, Shutter Priority, atau yang lain. Jika salah menentukan mode di awal akan berpotensi mengacau hasil foto yang kita hasilkan. Bisa dibayangkan jika kita memotret pada kecepatan 15” untuk acara. Tentu sudah tidak bisa menangkap momen apa-apa.

Periksa Setting White Balance

Selain Mode, setting white balance juga sangat menentukan. Memotret di dalam ruangan yang redup tentu white balance-nya akan berbeda dibandingkan dengan memotret siang hari di lapangan. Salah menentukan white balance akan berakibat warna foto menjadi tidak natural. Untuk lebih aman gunakan mode Auto untuk white balance-nya atau AWB.

Periksa Nilai ISO

Berapa nilai ISO sangat menentukan seberapa kepekaan kamera terhadap intensitas cahaya yang ada. Memotret di luar ruangan tentu kita cukup menggunakan ISO rendah. Namun jika sering berpindah antara di dalam dan di luar ruangan, gunakan mode Auto-ISO lebih aman.

Periksa Ukuran dan Format Foto

Ini bukan hal yang rumit tetapi kadang terlewat saat hendak memotret. Ketika kita mendadak disodori kamera dan diminta memotret, kita belum tahu seperti apa setting kamera terakhir. Pastikan sesuai seperti yang kita inginkan. Apakah JPEG berukuran kecil, besar, atau dalam format RAW.

Aktifkan Highlight Warning

Highlight Warning berfungsi untuk mendeteksi hilangnya detail foto akibat overexposure atau cahaya berlebih. Mungkin ini bisa dianggap hal yang sederhana namun sangat bermanfaat.

Nah, bagaimana, Sobat? Apakah siap jika suatu saat mendadak diminta untuk memotret? Jangan lupa periksa dulu kameramu ya. [Taufik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *