Fotografi Bawah Laut

Fotografi Bawah Laut

Apa kabar Sobat semua? Kalau kemarin kita ngomongin fotografi di laut atau pantai, nah untuk edisi kali ini kita mau ngajak kamu untuk memotret keindahan bawah laut.

Untuk kalangan profesional tentu butuh perlengkapan dan peralatan fotografi yang memadai, namun bagi pemula ada juga loh peralatan sederhana dengan biaya yang masih terjangkau. Apa saja sih yang harus disiapkan? Simak yuk.

Action Cam

Hari ini kita sudah enggak asing lagi tuh dengan action cam, biasanya ini digunakan untuk foto selfie ketika traveling. Kamera kecil ini punya kualitas gambar yang sudah oke kalau untuk memotret bawah air, tentu saja harus dilengkapi dengan waterproof case yang sesuai.

Ada satu peralatan pendukung, namanya Dome Port. Bentuknya seperti kubah setengah bola yang di dalamnya berisi action cam. Dengan penambahan alat ini kita bisa mengabadikan foto yang menakjubkan karena separuh  foto menampilkan apa yang ada di bawah permukaan air, separuh lagi menampilkan foto di atas permukaan air, keduanya dalam satu frame. Keren kan?

Underwater Camera

Kamera jenis ini memang sengaja dirancang untuk memotret di bawah air. Ada banyak merek yang mengeluarkan seri kamera jenis underwater. Biasanya kita dengan mudah mengenali dari bentuknya yang sederhana serta berbahan kombinasi plastik yang kokoh dan karet yang rapat.

Underwater Case

Case ini fungsinya hanya sebagai pelindung agar kamera yang biasa digunakan untuk memotret di darat bisa diajak menyelam. Apa pun kameramu, baik itu DSLR, Prosumer, atau kamera saku di pasaran ada underwater case yang sesuai.

Lighting                                                              

Satu lagi peralatan yang jangan dilupakan ketika mengabadikan foto di bawah air adalah lighting. Lampu untuk menerangi objek yang akan kita foto di bawah air. Makin dalam lokasi pemotretan di bawah air, makin sedikit cahaya matahari yang masuk. Ada beberapa jenis senter yang dirancang khusus untuk bisa digunakan untuk menerangi di bawah air, tinggal kita sesuaikan dengan budget yang kita miliki. Selamat hunting foto. [Taufik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *