Mengenal EXIF Foto

Mengenal EXIF Foto

Bulan baru, tahun baru, semangat baru. Kali ini kita mau membahas hal yang baru pula, tentunya buat pemula. Bagi kamu yang sudah profesional tentu sudah tidak asing lagi dengan EXIF. Apa dan kenapa kita harus tahu tentang EXIF? Yuk kita simak.

Kamu lihat ada file foto yang ada di laptop teman kamu, hasilnya kok bagus? Nah, tanpa harus bertanya kamu bisa melihat apa kamera apa yang digunakan dan bagaimana pengaturan modenya. Lalu, apa itu EXIF? Mengambil definisi dari belfot.com, EXIF adalah Exchangeable Image Format, atau dikenal dengan metadata yang khusus untuk dunia fotografi. EXIF menyimpan banyak informasi detail tentang sebuah file foto digital.

Dengan memerhatikan EXIF setidaknya kita bisa mengetahui hal-hal berikut. Pertama, tanggal dan jam berapa foto tersebut dibuat, jika kamu lupa kapan momen tersebut terjadi tinggal lihat saja EXIF foto itu. Kedua, apa merk dan tipe kamera yang dipakai memotret. Ketiga, lensa pada focal length berapa. Keempat, berapa shutter speed, berapa aperture dan ISO-nya.

Masih banyak hal lagi yang bisa kita ketahaui dengan melihat EXIF. Setidaknya jika kamu bisa mengetahui info tersebut kamu bisa belajar untuk menghasilkan foto dengan pengaturan yang mendekati foto yang ingin kamu tiru. Selamat berkarya Sobat, jangan lupa kirim karya foto kamu ke Smarteen juga ya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *