Segitiga Emas Fotografi (Bag. 2)

Segitiga Emas Fotografi (Bag. 2)

Hai Sobat, sudah diotak-atik pengaturan kameranya? Sudah paham dong dengan konsep Segitiga Emas Fotografi yang kita obrolin di Fotogen-x yang lalu. Dari ketiga hal itu bisa bikin foto yang keren loh, salah satunya kita bisa bikin foto bokeh (belakang objek jadi blur). Foto yang objek utamanya tajam dan di bagian belakang jadi blur memang tampak menarik. Kamu pun bisa membuatnya loh Sobat. Berbekal pemahaman tentang aperture yang telah kita bahas di edisi lalu.

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah posisikan pengaturan kamera di  mode AV (Aperture Priority) lalu pilih bukaan lensa paling besar. Masih ingat dengan nilai bukaan lensa yang lalu? Semakin besar bukaan lensa, nilai f yang muncul di layar makin kecil.

Kedua, jauhkan objek yang difoto dengan backgroundnya. Misal kita memfoto kawan kita di taman yang banyak pepohonan, usahakan jarak antara kawan kita dengan pepohonan dibelakangnya cukup jauh. Semakin jauh jaraknya akan semakin bokeh (blur) latar foto yang dihasilkan. Coba deh.

Ketiga, gunakan lensa fix yang kamu miliki. Jika kamu memiliki lensa fix 35mm, 50mm atau yang lain maka gunakan untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus. Rata-rata lensa fix memiliki bukaan lebar dan kualitas optik yang bagus sehingga foto yang dihasilkan pun akan semakin bokeh dan menarik.

Selamat mencoba ya Sobat, jangan lupa share hasil jepretan terbaikmu di Fotogen-x Smarteen. Udah baca tipsnya kan? Yuk praktikkan lalu kirim karyamu.[Taufik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *