Long Exposure Photography

Long Exposure Photography

Hai Sobat Smarteen, sudah eksplore teknik yang kita bahas di Fotogen-x edisi lalu? Kali ini kita masih membahas tema yang tidak jauh dari segitiga emas fotografi juga. Nanti mau kita bahas bagaimana mengoptimalkan shutter speed untuk menghasilkan foto yang amazing.

Kalian pernah melihat foto air terjun yang seolah menjadi benang halus? atau foto malam hari saat lalu lintas jalan raya hanya berupa garis-garis cahaya yang menakjubkan? Nah, foto tersebut menggunakan teknik yang disebut Long Exposure Photography. Mengambil deskripsi dari kelasfotografi.com, di sana disebutkan bahwa Long Exposure adalah kondisi di mana kamera mengambil pencahayaan dalam jumlah yang sangat besar. Gimana sih cara buatnya? Oke kali ini kita coba dulu dengan fotografi di malam hari ya (membuat light trail – garis cahaya – dari kendaraan yang lewat)

Pertama, siapkan kamera (yang terdapat mode manual untuk mengatur shutter speed dan aperture) dan tripod yang kokoh. Kedua, pasang kamera pada tripod yang kokoh lalu pasang di tepi jalan raya namun pastikan keamanannya ya. Ketiga, set kamera dalam mode M (manual). Gunakan shutter speed yang lama sekitar 15”-30” (15-30 detik) lalu aperture sempit sekitar f/16 atau yang lebih sempit lagi untuk menghasilkan gambar yang tajam menyeluruh. Gunakan ISO yang rendah saja, 100 atau 200 untuk meminimalkan noise yang muncul.

Tekan tomboh shutter, lalu lihat hasilnya. Gimana? Keren kan? Kalau cahayanya terlalu over atau under, sesuaikan ISO, aperture dan lama shutternya. Selamat mencoba J.[taufik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *