Segitiga Emas Fotografi (Bag. 1)

Segitiga Emas Fotografi (Bag. 1)

Sobat, gimana sih biar bisa menghasilkan karya foto yang bagus? Salah satu dasar yang harus kamu kuasai adalah Segitiga Emas Fotografi. Dari portal infotografi.com, disebutkan bahwa Segitiga Emas Fotografi adalah bukaan (aperture), kecepatan rana (shutter speed) dan ISO. Kombinasi dari ketiganya menentukan gelap terangnya sebuah foto.

Buat kamu yang sering menggunakan kamera DSLR harusnya sudah paham dengan ketiga hal tersebut. Jika belum? Tenang, karena kita akan kupas di Fotogen-X, biar kamu makin jago dalam fotografi.

Aperture

Aperture adalah bukaan lensa kamera. Biasanya di tampilan layar kamera ada kode seperti f/1.4, f/2, f/4. f/5.6, f/8, f/16, dan seterusnya. Angka tersebut menunjukkan bukaan lensa. Semakin besar angka f artinya bukaan lensa makin kecil sehingga cahaya yang masuk ke dalam kamera semakin sedikit. Sebaliknya, semakin kecil nilai f artinya bukaan lensa makin besar sehingga cahaya yang masuk ke kamera makin banyak. Jadi, ketika kita memotret di tempat yang gelap gunakan bukaan besar agar cahaya yang masuk lebih banyak. Ketika kita memotret di tempat terang gunakan bukaan kecil agar tidak terlalu terang hasil fotonya.

Shutter Speed

Shutter Speed atau kecepatan rana adalah durasi kamera membuka sensor untuk menyerap cahaya. Semakin lama sensor kamera terbuka makin banyak cahaya yang diserap sehingga foto makin terang. Tampilan Shutter Speed biasanya ditandai dengan angka 1/4000, 1/2000, 1/5, 1”, 5”, 15” dan seterusnya.

ISO

ISO adalah ukuran sensitifitas sensor terhadap cahaya. Semakin tinggi nilai ISO semakin peka sensor terhadap cahaya sehingga foto yang dihasilkan juga makin terang. Di tempat gelap kita bisa menaikkan ISO agar gambar lebih terang, namun ISO yang sangat tinggi akan mengurangi kualitas foto. Gambar dengan ISO tinggi akan muncul bintik-bintik yang disebut “noise”.

Lalu bagaimana menggabungkan ketiganya agar hasil foto yang dihasilkan bagus? Simak kelanjutannya ya.[Taufik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *