Berkenalan dengan Angle #1

Berkenalan dengan Angle #1

Obyek yang sama biasa, bisa tampak lebih menarik tergantung sudut pandang orang yang melihatnya. Sepakat dengan statement itu, Sobat? Dalam dunia fotografi, hal ini sering kita kenal dengan angle (sudut pengambilan foto). Ada 5 jenis angle yang sering digunakan dalam sebuah karya foto.

*ilustrasi angle (fotokita.net)

Kemampuan seorang fotografer dalam menggunakan angle yang tepat dalam memotret akan sangat menentukan menarik tidaknya hasil foto yang dia hasilkan. Berikut 5 jenis angle tersebut.

Low Angle

Sudut pengambilan gambar yang lebih rendah dari obyeknya dan kamera menghadap ke atas. Dalam posisi ini, gambar yang dihasilkan jadi terkesan lebih megah (jika obyek berupa bangunan) atau terkesan dramatis (jika obyek berupa orang).

High Angle

Sudut pengambilan gambar dengan posisi kamera di atas obyek dan kamera menghadap ke bawah. Kesan yang di dapatkan dari pengambilan gambar dengan sudut ini adalah foto lebih menarik dan tidak membosankan.

Eye View

Sudut pengambilan gambar, di mana posisi kamera disejajarkan dengan mata obyek. Teknik ini sering digunakan untuk foto potret manusia. Sudut ini memberikan kesan interaktif antara obyek yang difoto dengan orang yang melihat hasil foto tersebut.

Bird View

Sudut pandang ini dikenal dengan sudut pandang seekor burung yang terbang. Sangat cocok untuk menggambarkan pemandangan atau lanskap suatu daerah.

Frog View

Sudut pengambilan gambar dengan angle ini cukup ekstrim. Kamera sangat rendah, bahkan harus menyentuh tanah. Bagi pengguna kamera dengan LCD yang tidak bisa dilipat terpaksa harus rebahan di tanah. Namun, sudut yang dihasilkan luar biasa. Sebanding deh dengan perjuangannya.

Beberapa foto karya Sobat Smarteen yang tampil kali ini sudah menggunakan berbagai angle yang berbeda. Kamu bisa menebak foto-foto ini menggunakan angle yang mana? Tertarik untuk mencobanya? Selamat berkreasi ya, Sob.

(diadaptasi dari artikel tentang angle di fotokita.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *