Putri Samudra Watu Karung

Putri Samudra Watu Karung

Wajahnya keras menghadap ke lautan lepas. Pada saat senja, wajahnya tetap lurus menatap matahari tenggelam. Dia tak beranjak sama sekali, akan senantiasa seperti itu walaupun hujan, badai, ombak tinggi, maupun panas terik. Ia adalah Putri Samudra, ikon sebuah pantai nan elok di pesisir laut selatan Pulau Jawa.

Kali ini Smarteen mau mengajak kalian untuk berkenalan sama Putri Samudra. Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ada sebuah pantai yang bernama Watu Karung. Di pantai inilah si putri tersebut berada. Putri Samudra adalah sebuah batu karang yang berada di Pantai Watu Karung. Bentuknya yang seperti wajah dan memiliki punggungan yang memanjang seperti rambut. Masyarakat menamainya Putri Samudra.

Beberapa waktu yang lalu Smarteen jalan-jalan ke Pantai Watu Karung di Pacitan, Jawa Timur. Tempat ini recommended deh buat kamu yang ingin menikmati pantai yang eksotik nan nyaman. Dengan mengedarai mobil pribadi Smarteen berangkat dari Solo menuju Pacitan. Akses jalan menuju ke lokasi terbilang cukup mudah karena sudah beraspal halus, hanya beberapa titik saja menjelang lokasi yang agak menyempit dengan jalanan yang kurang begitu mulus. Namun mobil yang kami naiki dapat menuju lokasi dengan lancar tanpa ada kendala apa pun.

Homestay yang Lengkap

Di Pantai ini, tidak hanya si Putri Samudra saja yang menarik. Buat kamu yang ingin menginap di pantai, di Watu Karung ada banyak sekali homestay yang bisa kamu kunjungi untuk menginap. Harga yang ditawarkan sangat bervariatif, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Menurut salah satu penduduk di Watu Karung, salah satu homestay dengan tarif paling tinggi adalah yang ada di puncak salah satu tebing yang langsung menghadap ke lautan.

Homestay yang ekonomis pun tak kalah menarik, ada juga yang menyediakan menu sarapan pagi dengan ikan laut yang langsung ditangkap dari laut oleh nelayan pagi itu juga. Menarik bukan?

Pantai Asri Tersembunyi

Biasanya, kamu yang berjiwa muda suka mencari sesuatu yang unik, lain dari yang lain. Kalau Watu Karung memang sudah sangat terkenal, Sob. Namun di sini ada sisi pantai yang masih sepi loh. Dari Watu Karung naik dulu ke tebing kemudian menuruni jalanan kecil kamu akan sampai pada sebuah pantai yang masih sepi. Mau menginap di pantai mendirikan tenda? Boleh juga loh Sob. Kamu bisa kulonuwun ke penduduk dulu sebaiknya, agar bisa diberikan rekomendasi tempat yang aman untuk mendirikan tenda.

Surga Surfing Internasional

Tidak hanya pantai yang menarik, penginapan yang nyaman, tempat ini juga merupakan salah satu spot untuk surfing kelas dunia loh. Menurut portal wisatapacitan.biz, ombak di Pantai Watu Karung ini bisa mencapai ketinggian hingga 4 meter dengan tipe ombak reef break yang dimana tipe ombak seperti ini sangat disukai bagi para peselancar. Pada Tahun 2009 lalu, peselancar top Indonesia Rizal Tanjung mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008 untuk menjajal dan membuktikan bahwa ombak Pantai Watu Karung adalah ombak kelas dunia. Kini Pantai Watu Karung sudah dikenal di seluruh dunia khususnya bagi para pecinta surfing, hal ini tidak luput dari peran peselancar top tersebut yang dimana foto dari Bruce irons yang sedang berselancar di Pantai Watu Karung di jadikan Cover sebuah majalah internasional terkemuka (Waves).

Jadi, kapan kamu mengunjungi si Putri Samudra? Sambil menikmati sunset di sana atau sambil menyaksikan peselancar kelas dunia beraksi? [Taufik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *